Salah satu acara ritual yang menjadi tradisi sebagian masyarakat
adalah manaqiban. Selain memiliki aspek seremonial, manaqiban juga
memiliki aspek mistikal. Sebenarnya kata manaqiban berasal dari kata ‘manaqib’
(bahasa Arab), yang berarti biografi, kemudian ditambah dengan akhiran
‘an’ (bahasa Indonesia) menjadi manaqiban yang berarti kegiatan
pembacaan manaqib (biografi) Syaikh ‘Abdul Qodir al-Jailani, seorang
wali yang sangat legendaris di Indonesia.
Kalau dilihat secara ilmiah kitab manaqib itu memang tidak istimewa.
Tetapi tampaknya dalam kehidupan para penganut tarekat, manaqiban
merupakan kegiatan ritual yang tidak kalah sakralnya dengan
ritual-ritual lain. Bahkan manaqiban ini dilaksanakan oleh kebanyakan
masyarakat dan santri pedesaan di Pulau Jawa dan Madura.
Isi kandungan kitab manaqib itu meliputi silsilah nasab Syaikh ‘Abdul
Qodir al-Jailani, sejarah hidupnya, akhlaq dan karomah-karomahnya, di
samping itu tercantum juga doa-doa bersajak (nadham) yang bermuatan pujian dan tawassul (berdoa kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala melalui perantaraan ) Syaikh ‘Abdul Qodir.
Harapan para pengamal manaqib untuk mendapat keberkahan dari
pembacaan manaqib ini didasarkan atas adanya keyakinan bahwa Syaikh
‘Abdul Qodir al-Jailani adalah quthb al-’auliya (wali quthub)
yang sangat istimewa, yang dapat mendatangkan berkah dalam kehidupan
seseorang. Hal ini dapat dipahami dari sya’ir berikut:
عِبَادَ اللهِ رِجَالَ اللهْ أَغِيْثُـوْنَا لأَجْـلِ اللهْ
وَكُوْنُوْا عَوْننَاَ لِلَّهْ عَسَى نَحْظَى بِفَضْلِ اللهْ
عَلَى اْلكَافِيْ صَلاَةُ اللهْ عَلَى الشَّافِيْ سَلاَمُ اللهْ
بِمُحْيِ الدِّيْنِ خَلِّصْنَا مِنَ اْلبَلْــوَاءِ يَا اَللهْ
وَيَا أَقْطَابْ وَيَا أَنْجَابْ وَيَا سَادَاتْ وَيَا أَحْبَابْ
وَأَنْتُمْ يَاأُولِي اْلأَلْبَابْ تَعَالَوْا وَانْصُرُوْا لِلَّهْ
سَأَلْنَاكُمْ سَأَلْنَاكُمْ وَلِلزُّلْفَى رَجَوْنَاكُمْ
وَفِيْ أَمْرٍ قَصَدْنَاكُمْ فَشُدُّوْا عَزْمَكُمْ للهْ
Artinya:“Wahai para hamba Alloh dan tokoh-tokohnya Alloh…tolonglah kami karena Alloh.Jadilah tuan semua penolong kami karena Alloh Subhanahu wa Ta’ala …semoga kami berhasil meraih karunia Alloh.Shalawat Alloh semoga terlimpah atas al-Kafi (yang mencukupi yakni Rosululloh Shallallahu alaihi wa sallam ), dan semoga keselamatan dari Alloh terlimpah atas asy-Syafi (yang menyembuhkan yakni Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam).Dengan kemuliaan Muhyiddin (yakni Syaikh ‘Abdul Qodir)…lepaskanlah kami dari berbagai macam musibah wahai Alloh…Wahai para wali quthub, wahai orang-orang yang baik, wahai para tuan-tuan dan para kekasih…Dan kalian wahai orang-orang yang berakal sempurna…kemarilah dan tolonglah kami karena Alloh.Kami meminta kepada kalian, kami meminta kepada kalian…Karena kedekatan (kalian di sisi Alloh ) kami mengharap kepada kalian.Untuk suatu perkara kami menghadapkan diri kepada kalian…maka kencangkanlah tekad kalian (untuk menolong kami) karena Alloh.”
Tetapi dari sekian banyak muatan mistis dan legenda tentang Syaikh
‘Abdul Qodir al-Jailani, yang paling dianggap istimewa dan diyakini
memiliki berkah besar dalam upacara manaqiban adalah karena dalam kitab
manaqib terdapat silsilah nasab Syaikh. Dengan membaca silsilah nasab
ini seseorang akan mendapat berkah yang sangat banyak.
Secara umum diterimanya ritual manaqiban ini oleh para Kiai di
Indonesia dan di Jawa khususnya, karena di dalam manaqib disebut-sebut
nama para nabi dan orang-orang sholih, khususnya pribadi Syaikh sendiri.
Hal tersebut diyakini sebagai suatu amal sholih (kebaikan), berdasarkan
sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam:
ذِكْرُ اْلأَنْبِيَاءِ مِنَ اْلعِبَادَةِ وَذِكْرُ
الصَّالِحِيْنَ كَفَّارَةٌ وَذِكْرُ الْمَوْتِ صَدَقَةٌ وَذِكْرُ اْلقَبْرِ
يُقَرِّبُكُمْ مِنَ الْجَنَّةِ .
“Mengingat para Nabi adalah ibadah, mengingat orang-orang sholih
adalah kafarat (penghapusan dosa), mengingat kematian adalah shadaqah,
dan mengingat kubur akan mendekatkan kalian ke surga.” (HR. ad-Dailami).
Disamping karena motifasi kafarat (penghapusan dosa)
tersebut, kebanyakan masyarakat pengamal manaqib pun meyakini bahwa
ritual manaqiban mendatangkan banyak manfaat seperti kesuksesan usaha,
terkabulnya doa, dan berkah-berkah lain sesuai dengan kepentingan
masing-masing.
Pelaksanaan manaqiban di dalam masyarakat biasanya diadakan dalam
rangka selamatan, tasyakuran dan kegiatan-kegiatan penting lainnya.
Para pengamal manaqiban meyakini bahwa ritual ini adalah suatu
wasilah (syari’at) agar hajatnya tercapai dan terkabul. Di saat
pembacaan manaqib sebagian jamaah menghadirkan botol-botol berisi air
yang diletakkan di depan guru dengan keyakinan bahwa air yang telah
dibacai manaqib tersebut akan membawa keberkahan.
BEBERAPA CATATAN PENTING DALAM RITUAL MANAQIB
Di dalam ritual manaqiban ini terdapat beberapa kemungkaran yang
membuatnya bukan termasuk amal sholih apalagi diyakini bisa membawa
keberkahan. Kemungkaran-kemungkaran tersebut di antaranya ialah:
- Ber-istighatsah kepada Syaikh ‘Abdul Qodir al-Jailani dan para wali dalam memohon pertolongan dan dilepaskan dari kesulitan. Dengan kata lain meminta dan berdoa kepada Syaikh.
Hal itu terlihat jelas dalam bait-bait berikut:
“Wahai para hamba Alloh dan tokoh-tokohnya Alloh…tolonglah kami karena Alloh.Jadilah tuan semua penolong kami karena Alloh Subhanahu wa Ta’ala…semoga kami berhasil meraih maksud dengan keutamaan Alloh.Wahai para wali quthub, wahai orang-orang yang baik, wahai para tuan-tuan dan para kekasih…Dan kalian wahai orang-orang yang berakal sempurna,kemarilah dan tolonglah kami karena Alloh.Kami meminta kepada kalian, kami meminta kepada kalian…Karena kedekatan (kalian di sisi Alloh ) kami mengharap kepada kalian.Untuk suatu perkara kami menghadapkan diri kepada kalian,maka kencangkanlah tekad kalian (untuk menolong kami) karena Alloh.”
Padahal berdoa dan istighatsah adalah hak Alloh semata dan hanya boleh ditujukan kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Berdoa termasuk salah satu ibadah, dan ibadah hanya boleh dipersembahkan kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala semata. Tidak boleh dipersembahkan kepada selain-Nya. Bukankah seorang Muslim dalam setiap shalatnya berikrar di hadapan Alloh Subhanahu wa Ta’ala:
“Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.” (QS. al-Fatihah [1]: 5).
Lantas mengapa di luar shalat ia meminta kepada selain Alloh Subhanahu wa Ta’ala? Bukankah ini suatu pelanggaran atas ikrar tersebut?
Sesungguhnya menyeru kepada selain Alloh adalah suatu kezhaliman yang besar. Alloh berfirman:
“Dan janganlah kamu memohon kepada kepada sesuatu yang tidak
dapat memberi manfaat dan tidak (pula) memberi mudharat kepadamu selain
Alloh; sebab jika kamu berbuat (yang demikian itu) maka sesungguhnya
kamu termasuk orang-orang yang zhalim.” (QS. Yunus [10]: 106).
Sebenarnya orang-orang yang telah meninggal itu tidak tahu menahu dan
tidak sadar bahwa ada sebagian orang yang memohon kepadanya. Oleh
karena itu, memohon kepada para wali quthub yang telah wafat adalah
bukti akan kelemahan akal pelakunya. Ia berpaling dari Dzat Yang Maha
Mendengar lagi Mengabulkan doa lalu meminta kepada seorang hamba yang
tidak mendengar doa orang-orang yang meminta kepadanya. Adakah kelemahan
akal yang lebih parah dari ini? Perhatikanlah firman Alloh Subhanahu wa Ta’ala berikut:
“Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang berdoa kepada
sesembahan-sesembahan selain Alloh yang tiada dapat memperkenankan
(doanya) sampai hari kiamat dan mereka lalai dari (memperhatikan) doa
mereka. “ (QS. Al-Ahqaaf [46]: 5).
Tawassul kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala dengan seorang sholih yang telah meninggal dalam artian menjadikan seseorang sebagai perantara dalam doanya kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala
adalah suatu kesyirikan yang dapat mengeluarkan pelakunya dari Islam.
Ia bukanlah tawassul meskipun para pengamalnya menamakan itu sebagai
tawassul. Renungkanlah peringatan Alloh berikut ini:
“Barangsiapa yang memohon di samping Alloh sesembahan yang lain
padahal tidak ada hujjah baginya, maka sesungguhnya perhitungannya di
sisi Rabbnya. Sesungguhnya orang-orang kafir itu tiada akan beruntung.” (QS. al-Mukminun [23]: 117)
“Dan orang-orang yang kalian mohon selain Alloh mereka tiada
mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari. Jika kalian menyeru
mereka, maka mereka tiada mendengar seruan kalian; dan kalaupun mereka
mendengar, mereka tidak dapat memperkenankan permintaan kalian. Dan di
hari kiamat kelak mereka akan mengingkari kemusyrikan kalian dan tidak
ada yang dapat memberikan keterangan kepadamu sebagaimana yang diberikan
oleh Dzat Yang Maha Mengetahui.” (QS. Fathir [35]: 13-14).
AllohSubhanahu wa Ta’ala menjelaskan dalam ayat ini, bahwa
hanya Dia-lah yang Maha Berkuasa dan Mampu mengurus segala sesuatu,
bukan selain-Nya. Dan bahwasanya para sesembahan itu tidak dapat
mendengar doa, apalagi untuk mengabulkan doa tersebut. Kalaupun
seandainya mereka dapat mendengar, maka mereka tidak akan mampu
mengabulkannya, karena mereka tidak memiliki kemampuan untuk memberi
manfaat atau menolak mudharat.
Jika di dalam ritual manaqiban tersebut tidak terdapat kemungkaran
selain ini, yaitu ber-istighotsah dan berdoa kepada selain Alloh,
niscaya ini sudah cukup menjadi alasan yang sangat kuat untuk
meninggalkan tradisi ini. Karena, kesyirikan adalah suatu kemungkaran
terbesar dan kezhaliman terberat. Semua dosa masih mungkin diampuni oleh
Alloh Subhanahu wa Ta’ala selain syirik. Sedangkan syirik,
jika pelakunya tidak bertaubat sampai meninggalnya, maka surga
diharamkan baginya. Renungkanlah firman Alloh Subhanahu wa Ta’ala berikut ini:
“Sesungguhnya barangsiapa yang mempersekutu-kan Alloh, maka
sungguh Alloh mengharamkan baginya surga dan tempatnya ialah neraka,
tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun.” (QS. al-Ma’idah [5]: 72)
1 ,Adanya ghuluw (sikap berlebih-lebihan) dalam menyanjung dan
memposisikan Syaikh ‘Abdul Qodir al-Jailani. Ini bisa dilihat jelas
oleh siapapun yang membaca dan memahami kitab manaqib.2 .Hukum mengadakan ritual dan peringatan semacam manaqiban ini tidak berbeda dengan hukum memperingati maulid NabiShallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu terlarang. Karena, hal ini termasuk menambahkan sesuatu yang baru dalam agama. Sedangkan hal ini dilarang keras dalam syariat Alloh dan Rasul-Nya.
3. Bertawassul dengan kedudukan atau kemuliaan Syaikh dalam berdoa kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Meskipun ini bukan termasuk syirik akan tetapi ia adalah suatu bid’ah dan sarana menuju kesyirikan. Tawassul tersebut di antaranya pada bait berikut:
“Dengan kemuliaan Muhyiddin (yakni Syaikh ‘Abdul Qodir)… lepaskanlah kami dari berbagai macam musibah ya Alloh…”
Catatan penting:
Jawabannya: Hal ini adalah kesesatan dan kebodohan, karena
mayit-mayit itu tidaklah mampu memperkenankan permintaan kalian, artinya
mereka tidaklah mampu berdoa kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala
agar mengabulkan permintaan kalian, karena manusia itu apabila telah
meninggal maka terputuslah amal perbuatannya kecuali tiga perkara,
sebagaimana yang diriwayatkan dalam Shahih Muslim:
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه
وسلم- قَالَ « إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلاَّ
مِنْ ثَلاَثَةٍ إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ
بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ.
Dari Abu Huroiroh Radiyallahu ‘anhu bahwasanya Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Jika seorang manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali dari tiga
perkara: shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak sholih yang
mendoakannya.” (HR. Muslim)
Maka mereka tidak memiliki amal sama sekali setelah meninggal dan
tidak pula bisa berdoa untuk mereka setelah meninggal, dan mereka tidak
dapat mengabulkan doa bagi seorang pun.
Jawabannya: Dalam shahih Bukhori terdapat hadits,
“Dari Anas bin Malik, bahwasanya ‘Umar bin Khaththab Radiyallahu ‘anhujika
terjadi kekeringan, maka beliau berdoa agar diturunkan hujan dengan
bertawassul melalui perantaraan Al-‘Abbas bin ‘Abdul Muththalib. ‘Umar
berkata, ’Ya Alloh, dahulu kami bertawassul dengan Nabi kami hingga
Engkau menurunkan hujan kepada kami. Dan sekarang kami bertawassul
dengan paman Nabi kami, maka turunkanlah hujan kepada kami’. Kemudian
turunlah hujan.” (HR. al-Bukhori).
Maksud bertawassul dengan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam atsar di atas bukanlah “Bertawassul dengan memohon kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Akan tetapi maksudnya adalah bertawassul dengan doa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Yakni mereka datang kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu memohon kepada beliau agar berdoa kepada AllohSubhanahu wa Ta’ala untuk mereka. Oleh karena itu ketika Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah wafat, para sahabat tidak bertawassul dengan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, akan tetapi bertawassul dengan doa paman Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam -yaitu ‘Abbas bin ‘Abdul Muththalib Radiyallahu ‘anhu– yang saat itu masih hidup.
Jawabannya: Yang harus kita ketahui, jika Alloh Subhanahu wa Ta’ala
mengabulkan hajat seseorang setelah ia melakukan manaqiban, maka itu
bukanlah karena manaqiban tersebut akan tetapi sebenarnya Alloh menguji
orang tersebut dengan suatu perkara yang Dia haramkan. Dengan kata lain
ini adalah suatu istidroj dari Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Istidroj artinya Alloh Subhanahu wa Ta’ala
menarik hamba-Nya kepada kebinasaan secara berangsur-angsur dan dengan
cara yang tidak ia sadari. Ujian dalam bentuk memudahkan kemaksiatan
adalah suatu perkara yang terjadi pada umat-umat terdahulu dan juga pada
umat ini. Sebagai contohnya ialah apa yang terjadi pada umat Nabi Dawud
. Alloh berfirman:
“Dan tanyakanlah kepada Bani Israil tentang penduduk negeri yang
terletak di dekat laut, ketika mereka melanggar larangan Alloh pada hari
Sabtu, di waktu datang kepada mereka ikan-ikan (yang berada di sekitar)
mereka terapung-apung di permukaan laut, dan di hari-hari yang bukan
Sabtu ikan-ikan itu tidak datang kepada mereka. Demikianlah Kami menguji
mereka disebabkan kefasikan mereka.” (QS. al-A‘roof [7]: 163).
ذِكْرُ اْلأَنْبِيَاءِ مِنَ اْلعِبَادَةِ وَذِكْرُ
الصَّالِحِيْنَ كَفَّارَةٌ وَذِكْرُ الْمَوْتِ صَدَقَةٌ وَذِكْرُ اْلقَبْرِ
يُقَرِّبُكُمْ مِنَ الْجَنَّةِ .
“Mengingat para Nabi adalah ibadah, mengingat orang-orang sholih
adalah kafarat (penghapusan dosa), mengingat kematian adalah shadaqah,
dan mengingat kubur akan mendekatkan kalian ke surga.” (HR. ad-Dailami).
Jawabannya: Hadits tersebut dinilai maudhu’ (palsu) oleh
para ulama hadits karena di dalam sanadnya ada seorang perawi yang
bernama Ibnu al-Asy’ats. Dia ini dituduh pendusta oleh para ulama
hadits.
SEKILAS TENTANG SYAIKH ‘ABDUL QODIR AL-JAILANI
Imam Ibnu Rajab menyatakan bahwa Syaikh ‘Abdul Qodir al-Jailani lahir
pada tahun 490/471 H di kota Jailan… wafat pada hari Sabtu malam, ba’da
Maghrib, pada tanggal 9 Rabi’ul Akhir tahun 561 H di daerah Babul Azaj.
Beliau meninggalkan tanah kelahiran, merantau ke Baghdad pada saat
beliau masih muda. Di Baghdad beliau belajar kepada beberapa orang ulama
seperti Ibnu Aqil, Abu al-Khatthat, Abu al-Husein Al Farra’ dan juga
Abu Sa’ad Al Mukharrimi. Beliau belajar sehingga mampu menguasai
ilmu-ilmu ushul dan juga perbedaan-perbedaan pendapat para ulama.
Untuk menelusuri aqidah Syaikh ‘Abdul Qodir Al-Jailani Rahimahullah kita mesti membaca kitab al-Ghunyah li Thoolibi Thoriiq al-Haq, sebuah kitab yang ditulis oleh beliau sendiri.
Dari kitab tersebut kita dapat mengetahui dengan jelas bahwa Syaikh ‘Abdul Qodir al-JailaniRahimahullah adalah seorang ulama Ahlus Sunnah.
Yang dimaksud dengan Ahlus Sunnah adalah orang-orang yang benar dalam aqidah dan peribadatannya. Bukan seperti yang dipahami oleh sebagian orang bahwa Ahlus Sunnah adalah nama untuk golongan atau jam’iyyah tertentu seperti NU misalnya. Tetapi Ahlus Sunnah adalah semua kaum muslimin yang berpegang teguh kepada al-Qur’an dan as-Sunnah serta mengikuti cara beragama para sahabat Radiyallahu ‘anhum.
Syaikh ‘Abdul Qodir al-Jailani Rahimahullah sendiri pernah mengatakan bahwa dalam hal pokok-pokok agama maupun cabang-cabangnya, beliau mengikuti manhaj (metode beragama) para imam Ahlus Sunnah. Akan tetapi sebagian orang berlebih-lebihan dan ghuluw dalam menyanjung dan mengagungkan Syaikh sehingga mengarang-ngarang kisah-kisah karomah Syaikh.
Ibnu Rajab Rahimahullah juga berkata, “Syaikh ‘Abdul Qodir al-Jailani Rahimahullah
adalah seorang yang diagungkan pada masanya. Diagungkan oleh banyak
para syaikh, baik ulama dan para ahli zuhud. Beliau memiliki banyak
keutamaan dan karomah. Tetapi ada seorang yang bernama Abu Hasan
Syathnufi mengumpulkan kisah-kisah keutamaan (manaqib) Syaikh
‘Abdul Qodir al-Jailani dalam tiga jilid kitab. Dia telah menulis
perkara-perkara yang aneh. Dan cukuplah seseorang itu dikatakan berdusta
jika dia menceritakan segala yang dia dengar. Aku telah melihat
sebagian kitab ini dan hatiku tidak tentram untuk mempercayainya. Oleh
karena itu, aku tidak mau meriwayatkan apa yang ada di dalamnya. Kecuali
kisah-kisah yang telah masyhur dan terkenal dari selain kitab ini.
Kitab ini banyak menukil riwayat dari orang-orang yang tidak dikenal (majhul). Juga
terdapat perkara-perkara yang sulit diterima, kesesatan-kesesatan,
klaim-klaim dan perkataan batil yang banyak. Semua itu tidak pantas
dinisbatkan kepada Syaikh ‘Abdul Qodir al-Jailani Rahimahullah.
Kemudian aku dapatkan bahwa al-Kamal Ja’far al-Adfawi telah menyebutkan
bahwa Syathnufi sendiri tertuduh berdusta dalam kisah-kisah yang
diriwayatkannya pada kitab ini.”
‘Ali bin Idris, seorang murid Syaikh pernah bertanya kepada Syaikh ‘Abdul Qodir al-Jailani Rahimahullah,
“Wahai tuanku, apakah Alloh memiliki wali yang tidak berada di atas
aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah?” Maka beliau menjawab, “Tidak pernah
ada dan tidak akan ada.” (Admin-KBB).
.:: Wallahu Ta’ala ‘Alam ::.
Posting Komentar