BENARKAH PEMBAGIAN TAUHID INI TIDAK DIKENAL ULAMA SALAF ?
Kami sebutkan disini diantara 'Ulama-'ulama yang menyebutkan pembagian ini baik secara jelas maupun dengan isyarat. Berkata Syaikh Al-Baijuri dalam “Syarh Jauharoh At-Tauhid” halaman 97.
Firman Alloh ; ‘Alhamdulillahir Robbil ‘alamiin’, mengisyaratkan pada pengakuan ‘Tauhid Rububiyah, yang konsekwensinya adalah pengakuan terhadap Tauhid Uluhiyah.
Adapun konsekwensi Tauhid Uluhiyah adalah terlaksananya Ubudiyah. Hal ini menjadi kewajiban pertama bagi seorang hamba untuk mengenal Alloh Yang Maha Suci. Kata beliau selanjutnya : “Kebanyakan surat-surat Al-Qur’an dan ayat-ayatnya mengandung macam-macam Tauhid ini, bahkan Al-Qur’an dari awal hingga akhir menerangkan dan mengejawantahkan (menjelaskan).
Kemudian berkata Imam Ibnu Athiyah (wafat ; 546H) dalam kitabnya Al-Muharrar Al-Wajiiz, juz I, hal.75. Firman-Nya : ‘Iyaaka Na’budu’ adalah ucapan seorang yang beriman kepada-Nya yang menunjukkan pengakuan terhadap ke-Rububiyah-an Alloh, mengingat kebanyakan manusia beribadah kepada selain-Nya yang berupa berhala-berhala dan lain sebagainya”.
1.Imam Abu Ja’far Ath-Thohawy ( wafat th. 321 ) , di dalam muqoddimah kitab beliau Al-Aqidah Ath-Thohawiyyah . Beliau berkata :
نقول في توحيد الله معتقدين بتوفيق الله إن الله واحد لا شريك له ، و لا شيء مثله ، و لا شيء يعجزه ، و لا إله غيره
"Kami mengatakan di dalam pengesaan kepada Alloh dengan meyakini : bahwa Alloh satu tidak ada sekutu bagi-Nya, tidak ada yang serupa dengan-Nya, tidak ada yang melemahkan-Nya, dan tidak ada tuhan yang berhak disembah selain-Nya".
Perkataan beliau ” tidak ada yang serupa dengan-Nya ” : ini termasuk tauhid Asma’ dan Shifat . Perkataan beliau ” tidak ada yang melemahkan-Nya ” : ini termasuk tauhid Rububiyyah. Perkataan beliau ” dan tidak ada tuhan yang berhak disembah selain-Nya.” : ini termasuk Tauhid Uluhiyyah.
2. Ibnu Abi Zaid Al-Qoirawany Al-Maliky ( wafat th. 386 H ) , di dalam muqoddimah kitab beliau Ar-Risalah Al-Fiqhiyyah hal. 75 ( cet. Darul Ghorb Al-Islamy ) . Beliau mengatakan :
من ذلك : الإيمان بالقلب و النطق باللسان بأن الله إله واحد لا إله غيره ، و لا شبيه له و لا نظير، … ، خالقا لكل شيء ، ألا هو رب العباد و رب أعمالهم والمقدر لحركاتهم و آجالهم
.
"Termasuk diantaranya adalah beriman dengan hati dan mengucapkan dengan lisan bahwasanya Alloh adalah sesembahan yang satu, tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Dia, tidak ada yang serupa dengan-Nya dan tidak ada tandingan-Nya…Pencipta segala sesuatu, ketahuilah bahwa Dia adalah pencipta hamba-hamba-Nya dan pencipta amalan-amalan mereka, dan yang menakdirkan gerakan-gerakan mereka dan ajal-ajal mereka" .
Perkataan beliau ” sesembahan yang satu, tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Dia ” : ini termasuk tauhid Uluhiyyah .
Perkataan beliau ” tidak ada yang serupa dengan-Nya dan tidak ada tandingan-Nya ” : ini termasuk tauhid Asma’ wa Shifat.
Perkataan beliau ” Pencipta segala sesuatu, ketahuilah bahwa Dia adalah pencipta hamba-hamba-Nya dan pencipta amalan-amalan mereka, dan yang menakdirkan gerakan-gerakan mereka dan ajal-ajal mereka ” : ini termasuk tauhid Rubbiyyah.
3. Ibnu Baththoh Al-’Akbary ( wafat th. 387 H ), di dalam kitab beliau Al-Ibanah ‘an Syariatil Firqotun Najiyyah wa Mujanabatil Firaq Al-Madzmumah ( 5 / 475 )
وذلك أن أصل الإيمان بالله الذي يجب على الخلق اعتقاده في إثبات الإيمان به ثلاثة أشياء : أحدها : أن يعتقد العبد ربانيته ليكون بذلك مباينا لمذهب أهل التعطيل الذين لا يثبتون صانعا . الثاني : أن يعتقد وحدانيته ، ليكون مباينا بذلك مذاهب أهل الشرك الذين أقروا بالصانع وأشركوا معه في العبادة غيره . والثالث : أن يعتقده موصوفا بالصفات التي لا يجوز إلا أن يكون موصوفا بها من العلم
والقدرة والحكمة وسائر ما وصف به نفسه في كتابه
Pertama : Hendaklah seorang hamba meyakini Robbaniyyah Alloh ( kekuasaan Alloh ) supaya dia membedakan diri dari jalan orang-orang atheisme yang mereka tidak menetapkan adanya pencipta.
Kedua : Hendaklah meyakini wahdaniyyah Alloh ( keesaan Alloh dalam peribadatan ) supaya dia membedakan diri dari jalan orang-orang musyrik yang mereka mengakui adanya pencipta alam kemudian mereka menyekutukan-Nya dengan selain-Nya.
Ketiga : Hendaklah meyakini bahwasanya Dia ber-Shifat dengan Shifat-shifat yang memang harus Dia miliki, seperti 'ilmu, qudroh ( kekuasaan ), hikmah ( kebijaksanaan ) , dan Shifat-shifat yang lain yang Dia tetapkan di dalam kitab-Nya.
4. Abu Bakr Muhammad bin Al-Walid Ath-Thurthusyi ( wafat th. 520 H ), di dalam muqoddimah kitab beliau Sirojul Muluk ( 1 / 1 ) , beliau berkata :
وأشهد له بالربوبية والوحدانية. وبما شهد به لنفسه من الأسماء الحسنى. والصفات العلى. والنعت الأوفى
"Dan aku bersaksi atas Rububiyyah-Nya dan Uluhiyyah-Nya, dan atas apa-apa yang Dia bersaksi atasnya untuk dirinya berupa Nama-nama yang paling baik dan Shifat-shifat yang tinggi dan sempurna.
5. Al-Qurthuby ( wafat th. 671 H ) , di dalam tafsir beliau (1/ 102) , beliau berkata ketika menafsirkan lafdzul jalalah ( الله) di dalam Al-Fatihah:
فالله اسم للموجود الحق الجامع لصفات الإلهية، المنعوت بنعوت الربوبية، المنفرد بالوجود الحقيقي، لا إله إلا هو سبحانه.
"Maka ( الله ) adalah nama untuk sesuatu yang benar-benar ada, yang mengumpulkan Shifat-shifat ilahiyyah ( shifat-shifat sesuatu yang berhak disembah ) , yang bershifat dengan shifat-shifat Rububiyyah ( shifat-shifat sesuatu yang berkuasa ) , yang sendiri dengan keberadaan yang sebenarnya, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain-Nya."
Dan lain-lain.
Posting Komentar